TPKI : Proses yang penuh makna
Awal memasuki semester 4
dan mengetahui ada mata kuliah TPKI (Teknik Penulisan Karya Ilmiah) hal pertama
yang ada dipikiran saya ialah hanya sekedar bagaimana cara menulis yang baik
dan benar.
Singkat waktu, pertemuan pertama mata kuliah ini, cukup senang. Alasannya
ialah karena pembawaan dari dosen pengampu ( Ibu Siska) yang cukup menyenangkan
sehingga first impression saya terhadap beliau cukup positif. Selain
itu, yang membuat saya senang ialah beliau mengatakan bahwa nilai di kelas saya
hanya ada dua yaitu A dan A-. Hal ini tentunya membuat saya sangat senang.
Ya, namanya juga mahasiswa. Naif jika mengatakan nilai itu tidak penting. Nyatanya
saja, di kampus biru ini khususnya di tingkat 1. Ada minimum Indeks Prestasi
yang harus dicapai. Kalau tidak memenuhi capaian tersebut, dengan berat hati
kampus harus mengeluarkan mahasiswa bersangkutan. Jadi wajar saya bersenang
hati jika dosen berkata seperti itu.
Seiring berjalannya waktu, pertemuan demi pertemuan, saya mendapatkan
materi TPKI. Saya mulai menyadari bahwa apa yang saya pikirkan di awal
pertemuan ( mata kuliah TPKI hanya sekedar bagaimana cara menulis yang baik dan
benar). Hal itu salah dan sangat salah. Nyatanya mata kuliah ini lebih dari
sekedar itu.
Saya menyadari mata kuliah ini sangat berperan penting untuk penulisan Tugas
Akhir saya nantinya. Karena pada mata kuliah ini kita diajarkan untuk
berproses. Berproses dalam konteks ini ialah bagaimana cara menulis karya
ilmiah yang baik dan benar. Mulai dari menentukan topik penelitian, latar
belakang penelitian, melakukan tinjauan pustaka, memperoleh data, memilih
metode analisis, mengolah data, hingga mendapatkan hasil dan kesimpulan.
14 pertemuan yang sangat berarti tidak terasa telah berlalu (sejujurnya kerasa banget sih, karena tugas setiap minggu yang harus berprogres dan ngga tahu kenapa ada pressure tersendiri dalam tugas ini).
Rasanya baru kemarin pembagian kelompok untuk tugas penelitian eh tau tau
udah selesai aja laporannya. Ngomong-ngomong tentang tugas penelitian kelompok,
selama proses dalam pengerjaan tugas, saya banyak belajar mengenai proses
penelitian. Saya menyadari bahwa melakukan penelitian yang awalnya saya kira
sederhana, ternyata tidak semudah itu. Banyak proses yang dilalui dan tidak semua
proses berjalan dengan lancar.
Akan tetapi, setiap progres yang kita kerjakan, dapat kita validasi dan
mendapatkan masukan dari Ibu Siska yang dimana hal ini sangat berguna dan
menambah banyak pengetahuan mengenai penelitian.
Sangat bersyukur bisa belajar mata kuliah TPKI bersama ibu Siska. Sangat berterimakasih
juga atas ilmu yang diberikan untuk satu semester ini. Melalui mata kuliah ini
juga saya sudah mendapatkan gambaran mengenai topik apa yang nantinya akan saya angkat. Dimana hal ini menjadi bekal
saya nantinya dalam menulis tugas akhir.
Saya juga ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada rekan-rekan kelompok
saya Rana, Indi, dan Yulismah. Terimakasih telah menjadi peneliti Blue Economy
selama satu semester ini.
Tidak lupa, untuk semua teman-teman kelas 2D31 yang menjadi rekan selama
setahun ini. Semoga bisa survive lagi di tingkat 3 dan lulus bareng nantinya
tahun 2025🤩💙.
Comments
Post a Comment